GMKI Makassar Geruduk DPRD Sulsel Bawa 6 Tuntutan ‘Indonesia Gawat Darurat’

POLITIK

Makassar – Ratusan mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Makassar kembali melaksanakan aksi demonstrasi guna menyikapi terkait beberapa isu yang sedang bergulir di tengah masyarakat.

Aksi yang dilaksanakan pada selasa (19/4) bertajuk Indonesia Gawat Darurat (IGD). Aksi demonstrasi kali ini dilaksanakan di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan (DPRD Pemprov Sulsel) di Makassar.

Dalam demonstrasi kali ini GMKI menekankan 6 poin tuntutan terkait isu yang sedang bergulir dimasyarakat. Beberapa isu yang disuarakan dalam aksi kali ini ialah.

Pertama Menolak kenaikan harga, tuntaskan kelangkahan, dan tindaki mafia BBM.
Kedua Menolak kenaikan harga, tuntaskan kelangkahan, dan tindaki mafia bahan pokok.
Ketiga menolak dan meminta pemerintah mencabut kebijakan kenaikan pajak penambahan nilai (PPN) dari 10% sampai 11%.

Keempat mendesak legislatif tetap tegak menjaga amanat reformasi, sekaligus menutup segala celah untuk wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden dan wakil presiden republik Indonesia.

Kelima mencopot menteri yang mengeluarkan wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden dan wakil presiden republik Indonesia yakni Menteri Perdagangan, Mentri Investasi dan Menteri koordinator kemaritiman & Investasi.

Aksi yang dimulai sekitar pukul 14.00 WITA ini diawali dengan longmarch dari student center GMKI hingga di depan kantor DPRD Pemprov Sulsel. Aksi kemudian dilanjut dengan orasi dan nyanyian yang dilaksanakan oleh para demonstran.

Menjelang pukul 17.30 WITA masa aksi akhirnya ditemui oleh Abdul Latif selaku perwakilan dari staf penerima aspirasi DPRD Pemprov Sulsel. Setelah serah terima tuntutan dari pihak aksi demostran ke perwakilan DPRD Pemprov Sulsel Abdul Latif menjanjikan tuntutan yang dibawakan oleh masa aksi akan segera diteruskan kepada pimpinan DPRD.

“Jangankan tenggang waktu 1 minggu yang adik-adik mintakan, malam ini juga akan segera saya buatkan laporan dan akan segera juga saya teruskan kepada pimpinan DPRD” jelas Abdul Latif.

Diakhir aksi, GMKI Cabang Makassar menegaskan bahwa akan ada aksi lanjutan guna mengawal tuntutan yang disampaikan kepada perwakilan dari DPRD Pemprov Sulsel.

“Aksi ini bukan aksi terakhir dari kawan-kawan GMKI Cabang Makassar, kami akan datang kembali untuk meminta kejelasan dari tuntutan yang kami suarakan pada hari ini dan tentunya dengan massa yang lebih banyak lagi” tutup Untung Saranga Korlap aksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.