Melalui Gerakan Pramuka Kwarcab Nganjuk, Bawaslu Menyampaikan Terkait Saka Adhyasta Pemilu

PENDIDIKAN POLITIK
Anggota Bawaslu Nganjuk Faturahman Safi’i S.Psi Menyampaikan Materi Saka Adhyasta Pemilu. Foto: Bawaslu Nganjuk

GPN Indonesia, Nganjuk – Sebanyak 30 peserta dari anggota Pramuka pelajar SMA di kabupaten nganjuk, mengikuti kegiatan dengan tema “Gladian Pemimpin Sangga dalam Rangka Peningkatan Publikasi Media Sosial melalui kegiatan Jota-joti Tahun 2021” yang di selenggarakan oleh gerakan Pramuka Kwarcab Nganjuk, di kampus IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk (16/10/2021).

Dalam kesempatan ini Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk, Abdul Aziz S.Sos.I yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan Bahwa dalam waktu dekat Bawaslu Kabupaten Nganjuk akan membentuk Saka Adhyasta Pemilu, bekerjasama antara Bawaslu Kabupaten Nganjuk dengan Gerakan Pramuka Kwarcab Nganjuk.

“sangat diperlukan partisipasi dari gerakan Pramuka dalam melakukan pengawasan pemilu untuk menciptakan pemilu yang demokratis, berintegritas, bebas, dan adil” Kata Abdul Aziz.

Dengan dibentuknya saka Adhyasta Pemilu diharapkan menjadi wadah pendidikan kepramukaan yang dapat menyalurkan minat, mengembakan bakar serta meningkatkan kemampuan dan pengalaman para anggota Pramuka dalam pengawasan pemilu di 2024 mendatang.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Nganjuk, Faturahman Safi’i S.Psi selaku narasumber dalam acara tersebut menyampaikan peran Bawaslu dan tujuan dibentuknya Saka Adhyasta Pemilu.

“Hal tersebut sebagai bentuk kerjasama Bawaslu dengan gerakan Pramuka yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan pemilu yang bebas, umum, langsung dan rahasia, memperluas pengawasan pemilu ke pemilih pemula, menciptakan aktor pengawas pemilu, meningkatkan pengetahuan pengawasan pemilu dalam kegiatan kepramukaan” Kata Faturahman Safi’i, Saat menyampaikan materi kepada para anggota Pramuka.

Faturhman Syafi’i menambahkan bahwa Saka Adhyasta Pemilu akan menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu, serta memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu bagi Anggota Pramuka. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.