DPRD Tulungagung Setujui Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan KebangsaanDPRD Tulungagung Setujui

PEMERINTAHAN

gpnindonesia.com, Tulungaung – Rapat Paripurna mengenai penyampaian Ranperda tentang APBD Tahun 2024 dan penetapan Ranperda lainnya yang digelar oleh DPRD Tulungagung dilaksanakan di Ruang Graha Wicaksana lantai II Kantor DPRD Tulungagung, Kamis (21/9/2023)

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Tulungagung Marsono, S.Sos ini menghantarkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Tulungagung tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Sebagaimana pendapat akhir Fraksi yang dibacakan oleh Heru Santoso dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DPRD Tulungagung terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan untuk ditetapkan menjadi Peraturan daerah (Perda). Kabupaten Tulungagung tahun 2023, yang di sampaikan pada rapat paripurna DPRD Tulungagung, memberikan beberapa catatan. Diantaranya yaitu,

1. Dengan ditetapkannya Peraturan Daerah tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Fraksi PDI Perjuangan berharap pada dinas terkait untuk bisa dilaksanakan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

2. Fraksi PDI Perjuangan berharap dengan ditetapkannya Peraturan Daerah, pendidikan Pancasila senantiasa dapat diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari waktu ke waktu maupun Daru generasi ke generasi .

3.Fraksi PDI Perjuangan meminta kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk menyediakan anggaran yang cukup supaya Perda ini dapat dilaksanakan dengan maksimal.

4. Wawasan kebangsaan sebagai sudut pandang suatu bangsa dalam memahami keberadaan jati diri dan lingkungan, maka Fraksi PDI Perjuangan meminta untuk selalu dipertahankan secara konsisten atau terus menerus dalam kehidupan bermasyarakat ,berbangsa dan bernegara.

5. Dengan adanya era globalisasi serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mengalami kemajuan yang sangat cepat, maka Fraksi PDI Perjuangan berharap adat istiadat serta budaya yang kita miliki harus kita jaga kelestariannya dan jangan sampai kita terpengaruh oleh budaya budaya asing.

6.Fraksi PDI Perjuangan berharap dalam menyelenggarakan pendidikan dan waswasan kebangsaan sebagai langkah strategis dalam mewujudkan dan mempertahankan semangat nasionalisme dan jiwa tanah air bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Tulungagung.

Heru Santoso MPd, berharap Perda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan nantinya dapat dilaksanakan melalui pendidikan formal dan Pendidikan non formal.

“Fraksi PDI Perjuangan minta juga agar pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan dapat diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari waktu ke waktu maupun dari generasi ke generasi,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *